Wednesday, October 26, 2011

Teknologi Satelit Berguna Merespon Banjir

Sebagai warga yang dilanda banjir di seluruh Asia Tenggara melihat ke langit dan menunggu hujan yang lebih banyak , satelit 35.800 km melihat ke bawah pada mereka.
Teknologi ruang angkasa telah menjadi alat yang penting dalam melindungi orang dari bencana di negara-negara seperti Thailand, Kamboja, Laos dan Vietnam, di mana lebih dari 6,5 juta orang telah terkena banjir baru-baru ini dan sedikitnya 500 telah meninggal.
Gambar-gambar satelit snap dan mentransmisikan kembali ke bumi dianalisis untuk menentukan dan memprediksi banjir - informasi yang dapat digunakan untuk mengarahkan sumber daya dan mengeluarkan perintah evakuasi.
Hanya baru-baru bahwa negara-negara berkembang telah mampu secara konsisten akses teknologi teknologi tinggi dan mahal seperti, berkat dari sumber daya berbagi internasional, kata Craig Williams, seorang petugas informasi manajemen daerah dengan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) .
“Teknologi tidak benar-benar merupakan faktor pembatas utama lagi - itu apa yang kita lakukan dengan hal itu,” kata Williams.
Di Bangkok, sekarang di bawah siaga 1 yang tinggi untuk hujan lebat dan sungai meluap, data satelit“war room” telah dibentuk untuk memantau banjir yang telah menewaskan setidaknya 269 jiwa seluruh nasional Thailand dan mempengaruhi sekitar 2,3 juta orang di 30 provinsi sejak 25 Juli.
Sementara itu, analis minggu ini di Jenewa berbasis PBB Institut Pelatihan dan Riset (UNITAR)sedang mengembangkan peta dasar yang menunjukkan tingkat banjir Thailand - yang terburuk negara itu telah menghadapi dalam beberapa dekade.
Sebuah titik awal yang umum
Peta-peta Satelit Operasional dari Program Aplikasi UNITAR itu (UNOSAT), yang dikembangkan dengan data jalan dari Open StreetMap dan Google, menyediakan lembaga nasional, regional dan lokal dengan titik awal. Kelompok bantuan kemudian dapat overlay informasi lain, seperti data populasi. Melakukan hal itu memungkinkan mereka untuk lebih cepat dan akurat memperkirakan jumlah anak yang terkena dampak di bidang tertentu, misalnya, dan mengalokasikan sumber daya sesuai.
“Lalu semua orang memiliki informasi darurat yang sama, sehingga meningkatkan koordinasi,” kataEinar Bjorgo, kepala unit raid pemetaan di UNOSAT.
13189926491888174502
13189926491888174502
Satellite images were used to create this flood map of Thailand, showing flooded areas in blue and threatened areas in red

Citra satelit yang digunakan untuk menciptakan peta banjir dari Thailand, menunjukkan daerah banjir dengan warna biru dan mengancam daerah di peta Satelit merah, dari badan-badan seperti Geo-Informatika dan Pengembangan Teknologi Antariksa Nasional (GISTDA) di Thailand, sering tersedia untuk umum secara online. UNOSAT juga menawarkan podcast - apa Bjorgo panggilan “peta audio” - yang menjelaskan pesan-pesan kunci.
Di tangan individu, informasi tersebut bisa merevolusi bagaimana masyarakat yang sekarang bergantung pada hujan-gauge sistem peringatan mendapatkan dan berbagi informasi krisis darurat. Data ini juga memberikan cara publik untuk memverifikasi peringatan pemerintah bahwa mereka dinyatakan mungkin mengelak, kata Chusit Apirumanekul dari Pusat Kesiapsiagaan Bencana Asia (ADPC).
Bjorgo mengatakan apa UNOSAT lakukan adalah tidak baru, tapi bagaimana itu sedang digunakan, adalah.
“Apa yang berubah, untuk yang positif, adalah bahwa ada lebih dan lebih lokal, para aktor nasional dan regional yang memiliki kapasitas [keahlian] untuk menggunakan data yang kita peroleh dari satelit, dalam berbagai cara,” katanya.
Thailand adalah menggunakan data untuk menentukan rumah tangga mana yang harus menerima bantuan korban banjir, kata Paranat Kerdpol, juru bicara GISTDA, yang mengoperasikan satelit “war room” di Bangkok.
Gambar dari rendah-satelit orbit bumi menangkap gambar resolusi tinggi dari sekitar 500-800 km jauhnya, dan digunakan dalam kombinasi dengan tingkat yang lebih tinggi satelit yang menangkap petak tanah yang lebih besar. Satelit dengan sensor radar digunakan untuk menembus cakupan awan.
Memprediksi banjir dengan informasi satelit adalah sedikit lebih sulit, Williams mengatakan. Hal ini membutuhkan analisis topografi, sistem pengendalian banjir seperti tanggul, alur sungai, dan karakteristik sungai.
“Bahkan jika Anda bisa memprediksi itu,” kata Williams, “apakah kita memiliki kapasitas untuk bertindak dan mengurangi itu?”
Akses tapi rintangan
Dalam hal terjadi bencana alam atau buatan manusia, negara-negara yang kekurangan kemampuan satelit canggih dapat mengaktifkan Piagam Internasional, yang memberikan mereka akses ke produk satelit nasional dan komersial gratis. Karena piagam terbentuk pada tahun 2000, telah diaktifkan paling sering digunakan untuk banjir - 136 kali.
“Menggunakan bahwa sistem, setiap negara di dunia, terlepas dari kemampuan ekonomi mereka, dapat mengakses manfaat dari teknologi ruang angkasa,” kata Williams.
Beberapa negara, seperti Kamboja dan Laos, kurangnya pengetahuan kelembagaan untuk mengoptimalkan penggunaan citra satelit, kata Chusit, informasi iklim aplikasi spesialis di ADPC. Pihak ketiga seperti bantuan ADPC, memberikan pelatihan dan analisis.
Tetapi pada akhirnya, data dan analisis tidak cukup, katanya. Informasi harus dikomunikasikan kepada mereka yang sedang mempersiapkan dan menanggapi bencana, sehingga mereka secara konsisten menggunakannya untuk lebih melindungi orang.
“Sekarang, di Asia Tenggara, kita tidak menggunakan informasi seperti ini banyak pada tingkat pengambilan keputusan,” kata Chusit. “Kami masih perlu untuk memecahkan dinding itu.” sumber

Response for :

Teknologi Satelit Berguna Merespon Banjir

1 komentar :

Rahmi Imanda said...

postingan yang menarik, kami juga punya artikel terkait 'Banjir' silahkan buka link ini
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2391/1/Analisis%20Banjir%20Rancangan%20Dengan%20Metode%20HSS%20Nakayasu%20Pada%20Bendungan%20Gantung.pdf
semoga bermanfaat ya

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar anda untuk bahan pemberlajaran dan Update kami berikutnya

submits your site free

paid to login

Pasang Iklan Gratis Tanpa Daftar - Pasang Iklan Gratis situs pasang iklan baris gratis tanpa daftar langsung tampil selamanya