Tuesday, November 8, 2011

Trik Cara memperbaiki komputer yang suka restart sendiri

Pernahkah komputer Anda tiba-tiba hang atau restart sendiri saat digunakan? Kasus ini akan sangat menjengkelkan jika terjadi saat Anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting, apalagi belum sempat menyimpan hasil kerja tersebut. Sudah berusaha mencari penyebabnya tetapi masalah masih belum teratasi.
Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan keburu menyalahkan program aplikasinya atau menginstal ulang Windows. Bisa jadi sumber masalahnya ada pada heat sink fan processor.

Cara memperbaiki komputer hang atau restart sendiri

Pada PC yang menggunakan prosesor Pentium IV biasanya memiliki disain fan prosesor seperti pada gambar di bawah.
 Cara memperbaiki komputer hang atau restart sendiri
Kunci pengait rawan patah menyebabkan suhu prosesor naik karena keping pendingin loss contact dengan permukaan prosesor.
Tahukah Anda bahwa keempat slot kunci fan yang berfungsi mengaitkan keping pendingin fan dengan motherboard tersebut rawan patah? Jika itu terjadi maka keping pendingin tidak akan melekat erat pada permukaan prosesor. Akibatnya suhu prosesor akan naik dan panas tidak dapat dibuang secara efektif. Setelah suhu prosesor mencapai titik tertentu maka komputer akan hang atau restart. Kasus ini bisa diidentifikasi dari kecepatan berputarnya fan pendingin prosesor. Biasanya kecepatan putaran fan prosesor akan menurun jika suhu prosesor menurun. Jika kecepatan putar fan pendingin selalu tinggi (kecuali disetting dari BIOS) bisa jadi merupakan indikasi suhu prosesor tidak terbuang efektif karena keping pendingin kurang melekat erat pada permukaan prosesor karena patahnya kunci pengait.
Solusinya: ganti fan prosesor. Anda tidak dapat membeli kunci pengaitnya saja, kecuali memiliki fan prosesor bekas. Pasanglah fan prosesor yang baru dengan benar. Jangan lupa untuk memberi thermal paste pada bagian keping pendingin yang kontak dengan permukaan prosesor.
 Cara memperbaiki komputer hang atau restart sendiri
Jangan lupa memberi thermal paste di bawah keping pendingin.
Kemungkinan sumber masalah yang lain adalah keping memori RAM. Jika usia motherboard cukup tua, kemungkinan permukaan alur PCB RAM kotor karena oksidasi sehingga menghalangi kontak dengan soket pada motherboard. Solusinya, lepaslah semua RAM kemudian bersihkan alur PCB RAM dengan menggunakan penghapus pensil yang baik. Sebelum dipasang kembali, pastikan RAM telah bersih dari kotoran.
 Cara memperbaiki komputer hang atau restart sendiri
Bersihkan jalur PCB RAM dengan karet penghapus yang baik.
Dari pengalaman saya memperbaiki PC, kasus kerusakan fan pendingin prosesor yang lebih sering terjadi.
Semoga tips tersebut membantu.

Response for :

Trik Cara memperbaiki komputer yang suka restart sendiri

1 komentar :

Rave Resource said...

CPU suka restart sendiri tu kan banyak faktor penyebabya pak, bukan cuma karena heat sink fan processor tapi bisa aja dari tegangan listrik kurang stabil, Virus Brontok W32.Brontok@MM dan bisa juga karena update windows, jadi semua perlu di pertimbangkan sebelum mengambil kesimpulan.
udah keburu ganti fan prosesor taunya cuma kena virus, kan sia-sia.

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar anda untuk bahan pemberlajaran dan Update kami berikutnya

submits your site free

paid to login

Pasang Iklan Gratis Tanpa Daftar - Pasang Iklan Gratis situs pasang iklan baris gratis tanpa daftar langsung tampil selamanya