Wednesday, June 27, 2012

Earth Hour sebagai Cara Menghargai Bumi | Ala teknologi

Earth Hour sebagai Cara Menghargai Bumi | Apa sebenarnya Earth Hour itu? Earth Hour merupakan sebuah kampanye global guna mengajak semua penduduk bumi baik individu, komunitas, pelaku bisnis, maupun pemerintah kota untuk bersama-sama peduli pada upaya penurunan emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim.


Dimulai dari artikel ini sampai tanggal 31 Maret 2012, OktoMagazine.com akan menampilkan informasi yang berkaitan dengan Earth Hour. Kampanye yang dilakukan oleh banyak orang yang peduli dengan "sehatnya" Bumi ini.
Pada dasarnya kampanye Earth Hour mengajak masyarakat untuk menghemat listrik dengan mematikan lampu dan peralatan listrik selama satu jam.

Logo Earth Hour sendiri berupa angka 60 dengan ilustrasi permukaan bumi dan latar belakang hitam. Sejak penyelenggaraan tahun 2011 ditambahkan tanda plus (+) di belakang angka 60. Angka 60 pada logo ini mempunyai arti 60 menit fokus pada tindakan mengurangi emisi CO².
Tanda “+” berarti kegiatan Earth Hour tidak hanya dilakukan selama 60 menit saja, namun diikuti dengan perubahan gaya hidup sehari-hari yang lebih ramah lingkungan.
Sejarah Earth Hour dimulai pada 2007 di kota Sydney, Australia. Saat itu WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett bekerja sama untuk melakukan kampanye pengurangan gas rumah kaca di kota tersebut. Earth Hour diadakan pertama kali tanggal 31 Maret di Sydney, Australia pukul 19:30 waktu setempat.

Tahun berikutnya, 2008, Earth Hour menjadi kampanye global yang diikuti oleh 37 kota di 30 negara di seluruh dunia dengan partisipan mencapai 50 juta orang. Pada tahun-tahun berikutnya partisipan semakin meningkat dan kampanye Earth Hour semakin mendunia.
Tidak ada tanggal yang pasti untuk Earth Hour. Kesimpulan sementara Earth Hour diadakan di setiap akhir bulan Maret, melihat dari tanggal – tanggal Earth Hour mulai dari tahun 2007 hingga 2011 lalu.
  • Tahun 2007, Earth Hour diadakan pada tanggal 31 Maret 2007.
  • Tahun 2008, Earth Hour diadakan pada tanggal 29 Maret 2008.
  • Tahun 2009, Earth Hour diadakan pada tanggal 28 Maret 2009.
  • Tahun 2010, Earth Hour diadakan pada tanggal 27 Maret 2010.
  • Tahun 2011, Earth Hour diadakan pada tanggal 26 Maret 2011.
Hari Sabtu di minggu ketiga bulan Maret dipilih menjadi waktu pelaksanaan Earth Hour dengan pertimbangan bahwa:
  • Bulan Maret merupakan bulan dengan cuaca bersahabat karena hampir di seluruh bagian bumi, akhir Maret merupakan waktu peralihan musim. Baik dari musim dingin ke musim semi maupun dari musim penghujan ke musim kemarau.
  • Hari Sabtu merupakan akhir pekan yang umumnya digunakan sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga, saudara, dan sahabat.
  • Jam 20.30-21.30 biasanya acara makan malam telah usai dan merupakan saat yang tepat untuk berkumpul maupun bersantai.
Dengan kampanye Earth Hour diharapkan akan semakin banyak individu, rumah tangga, dan bisnis untuk ikut mematikan lampu sebagai simbol kontribusi mereka terhadap perubahan iklim. Selain itu diharapkan juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan.


sumber:
http://www.oktomagazine.com/oktonews/daily_news/1916/earth.hour..cara.menghargai.bumi

Response for :

Earth Hour sebagai Cara Menghargai Bumi | Ala teknologi

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar anda untuk bahan pemberlajaran dan Update kami berikutnya

submits your site free

paid to login

Pasang Iklan Gratis Tanpa Daftar - Pasang Iklan Gratis situs pasang iklan baris gratis tanpa daftar langsung tampil selamanya