Sunday, July 15, 2012

Tips dan Trik upload website ke server-host Gratis



Agus SubardjoTips dan Trik upload website ke server-host Gratis : Setelah sekian lama anda mempelajari artikel saya mulai seri 1 hingga seri 13 yang memang yang terakhir tersebut benar-benar 13 yang sulit, sampai saat ini angka 13 masih buntu. Saya belum berhasil membuat artikelnya secara lengkap. Kalau mau menulis, belum-belum pikiran dah buntu. Ah. biarlah, tentunya bagi anda walaupun pemula, tetapi kalau  membaca dengan cermat sejak seri 1 sampai terakhir, pasti dapat memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam “Membangun website dinamis berbasis PHP-mySQL. Kalaupun kesulitan belum terpecahkan silahkan hubungi saya di multigraphica@yahoo.com, barangkali saya masih mampu memberikan solusi kepada anda.

Setelah berhasil membangun website di PC/Laptop dalam localhost, tentunya anda punya keinginan untuk benar-benar dapat dilihat oleh semua orang yang terkoneksi dengan internet. Karena masih coba-coba, tentunya anda hanya perlu cari yang free saja, dan di dunia maya ini, sangat banyak yang menawarkan free-hosting dengan berbagai fitur.
Saya dulu juga sering mencoba kalau ada penawaran free-hosting. Yah …… disamping latihan berselancar didunia maya, juga menambah pengalaman avounteer, pengetahuan, bahkan belajar mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam berselancar tersebut. Bukan berarti Play-boy atau tidak setia, tetapi dalam dunia pendidikan kita harus selalu mencari ilmu, sampai keliang lahat. Artinya selama kita masih mampu, wajib menuntut ilmu, apapun bentuknya dari yang berat sampai yang seringan-ringannya.
Terakhir dalam uji-coba web-site 2 saya sebelum benar-benar tepat sesuai pesanan (tidak menggunakan CMS-top yang disediakan di dunia maya)  terlebih dahulu saya upload ke hosting “Hostinger” .

Yang perlu anda lakukan nanti adalah Register, username dan password akan dikirim ke email anda, kembali ke wb-host tersebut, login dan anda bebas membuat halaman-halaman erbsite anda.
Ada yang menarik pada free-host ini yaitu, space sampai 2 GB, file yang iupload juga bebas, karena ada juga free-host yang membatasi ekstensi file-file yang tidak bolah di-upload.. Database juga unlimited, andapun bebas membuat subdomain lagi.
Karena free, tentu ada keterbatasannya, yaitu kalau dalam tempo 30 hari tidak ada aktivitas, apalagi tidak ada file index, maka website anda akan di non-aktifkan (diberitahukan lewat email anda) , namun enaknya lagi melalui email anda juga, web-site dapat anda  re-aktifasi kembali.
Anda dapat upload file melalui cpanel dari host tersebut, namun saya biasanya lebih seneng menggunakan FTP – Filezilla, kecuali utnuk membuat database, kita harus menggunakan cpanel defaultnya.
Baik cara Register, maupun Login ke Free-host tersebut tak perlu kita buatkan artikel, karena prosedurnya hampir sama apabila kita melakukan register di internet. Sedangkan untuk menjalankan Filezilla juga tidak rumit, cukup anda masukkan  dalam “Mesin” ini nama alamat website anda, misalnya www.swaramedina.16mb.com, kemudian “Nama Pengguna” ini adalah username yang diberikan oleh administrator web-host, dan “Kata kunci adalah Password-nya untuk “Port” dikosongi saja, lalu klik “Kunci cepat” kalau memang isian sudah benar, anda akan memasuki folder-folder website anda. Apapun hosting yang anda pilih, jangan sekali-kali merubah isi folder, selain didalam “public_html” atau “www“. dan silahkan download web lainya disini
OK, buat pemula sangat mudah kan? Kalau ada kesulitan saya siap membantu.
Good-luck.
sumber : ilmukomputer.org

Response for :

Tips dan Trik upload website ke server-host Gratis

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar anda untuk bahan pemberlajaran dan Update kami berikutnya

submits your site free

paid to login

Pasang Iklan Gratis Tanpa Daftar - Pasang Iklan Gratis situs pasang iklan baris gratis tanpa daftar langsung tampil selamanya