Saturday, September 8, 2012

Trik Mudah Reset Password BIOS Laptop dan PC


Cara Reset Password BIOS Laptop dan PCCara Reset Password BIOS Laptop dan PC.  Reset CMOS atau juga biasa di kenal dengan Reset BIOS adalah mengembalikan setting BIOS menjadi settingan default atau settingan pabrik sehingga segala perubahan settingan pada BIOS akan hilang termasuk pula Password ketika hendak masuk ke BIOS.  Pada postingan kali ini AzharKomputer.Com akan memberikan tisp cara reset password bios laptop dan juga reset password bios pc/komputer.

Pada dasarnya Password BIOS baik itu Laptop dan Juga PC disimpan dalam memori CMOS, penyimpanan data-data BIOS tersebut dipertahankan oleh baterai saat laptop atau komputer dimatikan. Baterai tersebut ditempelkan atau ditaruh pada pada motherboard. Jika anda melepas baterai ini dari motherboard maka semua informasi yang disimpan di CMOS (termasuk password BIOS) akan hilang atau kembali ke default settiing pabrik.
Cara Reset Password BIOS PC / Komputer
Untuk Cara Reset BIOS pada  Komputer PC sebenarnya sangatlah mudah namun jangan juga dianggap sepele, karena bisa saja komputer anda menjadi rusak parah karena terlalu menganggap remeh.  Ada dua cara yang biasa saya lakukan untuk me- reset BIOS Komputer / Reset CMOS Komputer, yaitu sebagai berikut:
Cara Reset Password BIOS Laptop dan PC
Melepas Batery MotherBoard
Langkah ini saya rasa adalah cara yang paling mudah namun supaya tidak terjadi kesalahan dalam melakukannya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Cabut Kabel Listrik dari Power Supply 
  2. Kemudian Buka Cassing Komputer PC anda
  3. Lihat di Motherboard PC anda ada baterai biasanya berbetuk bulat, kalau sudah ketemu lalu lepaskan baterai tersebut dari motherboard PC Anda
  4. Tunggu kurang lebih 5 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut ke tempat semula.
  5. Pasang kembali cassing komputer anda
  6. Lalu colokkan listrik ke power suplly dan komputer siap dinyalakan kembali
Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer, dan silahkan di cek apakah Password BIOS nya sudah hilang??
JUMPER CMOS / Jumper BIOS

Untuk langkah ini Anda tidak perlu mencabut baterai motherboard namun dengan memindahkan posisi jumper CMOS, biasanya jumper CMOS ini berada di sekitar baterai.  Berikut lagkah-langkah me-reset password bios dengan memindahkan jumper CMOS:
  • Pastikan anda telah mencabut Kabel Listrik dari Power Supply kemudian Lepas Cassing Kompuyer/PC Anda
  • Cari jumper yang bertuliskan CLR CMOS atau bisa juga hanya CCMOS.  Jumper CMOS ini terdiri dari dua jenis, yaitu jumper dengan 3 pin dan jumper dengan 2 pin. 
  • Untuk yang tipe jumper 3 pin,  pada awalnya jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Jika Anda ingin mereset BIOS/CMOS maka Anda harus memindahkan posisi jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi.   Setelah itu diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi.  Untuk Tipe Jumper 2 pin, maka anda harus mempunyai jumper sendiri untuk menjumper ke-2 pin tersebut.
  • Tunggu kurang lebih 5 menit
  • Untuk Tipe jumper 3 PIN, pindahkan posisi jumper ke posisi semula.  Untuk Jumper 2 PIN. lepas jumper dari pin tersebut.
  • Pasang kembali cassing dan colokka listrik ke power supply 
  • Maka komputer siap untuk dinyalakan 
Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer, dan silahkan di cek apakah Password BIOS nya sudah hilang??
Cara Reset Password BIOS Laptop
Pada dasarnya untuk melakukan reset bios laptop sama saja dengan reset bios pada komputer yaitu dengan melepas baterai motherboard laptop namun tentunya hal itu memerlukan keahlian khusus karena untuk membuka penutup laptop / cassing laptop bukanlah hal yang mudah.  Untuk hal ini maka saya sarankan anda menggunakan reset bios menggunakan software reset bios atau software clear CMOS.
Cara Reset Bios menggunakan Software :
1.  Komputer/Laptop masih bisa nyala dan menjalankan Windows
Kalau komputer masih bisa nyala dan dapat menjalankan windows secara normal, maka anda bisa gunakan CMOS De-Animator.
Untuk melakukan reset bios dengan menggunakan CMOS De-Animator ini laptop anda harus masih bisa dinyalakan dalam artian masih bisa masuk ke windows.  Kalau laptop masih bisa dinyalakan dan masuk ke windows lalu Download CMOS De-Animator ukurannya sangat kecil hanya 206 KB, lalu jalankan pilih Bytes to Operated With, lalu pada Action to perform pilih Clear CMOS lalu klik Procces.  Restart laptop anda maka password bios telah hilang.  Perlu diketahui bahwa software tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk reset bios laptop namun juga bisa digunakan untuk reset bios komputer.
2.  Komputer/Laptop tidak bisa masuk ke Windows 
Kalau komputer sudah tidak bisa lagi masuk ke Windows maka anda harus menggunakan PC CMOS Cleaner.
Dengan PC CMOS Cleaner anda dapat me-reset bios laptop dan juga PC untuk Semua type BIOS seperti AWARD, AMI, Compaq, DTK, Thinkpad, Sony, Toshiba, Compaq, Phoenix, Samsung, IBM.
Software PC CMOS Cleaner ini sifatnya bootable jadi setelah nanti anda download maka burning ke CD lalu jalankan PC CMOS Cleaner melalui CD tersebut. Download PC CMOS Cleaner DISINI

Sumber :http://www.azharkomputer.com/2012/05/cara-reset-password-bios-laptop-dan-pc.html

Jasa Pembuatan Web Murah Klik DISINI
Pasang Iklan Gratis Anda DISINI

Response for :

Trik Mudah Reset Password BIOS Laptop dan PC

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar anda untuk bahan pemberlajaran dan Update kami berikutnya

submits your site free


Pasang Iklan Gratis Tanpa Daftar - Pasang Iklan Gratis situs pasang iklan baris gratis tanpa daftar langsung tampil selamanya